About

Hi Sobat Seneng Dolan,

saya Tirta Wahyu, inisiator berdirinya blog SenengDolan.com ini, dan dalam perkembangannya telah banyak dibantu oleh beberapa sobat dolan yang memberikan sumbangsih berupa cerita perjalanan dari pengalaman mereka masing-masing.



Sedikit Cerita

2012

SenengDolan.com hadir sejak 2012 sebagai penerus blog pribadi saya yang kontennya gado-gado dan telah berhenti beroperasi di tahun yang sama dengan kehadiran blog ini.

Awal mula saya menggunakan platform blog dari Blogger.com dengan custom domain. Saat itu lagi gencar-gencarnya dolan keliling Jogja dan sekitarnya. Saya aktif menulis cerita walaupun hanya sekedarnya saja.

2014

Sampai akhirnya di tahun ke-2 yaitu sekitar tahun 2014 blog ini terbengkalai karena saya sedang fokus menikmati perjalanan, dan tentunya sifat malas untuk menulis yang sering menghantui.

Sampai disini bahan untuk konten blog menumpuk belum sempat dipublikasikan.

2015

Dan mulai sekitar tahun 2015 saya mulai tidak konsisten, hingga akhirnya saya memutuskan untuk pindah dari platform Blogger.com ke WordPress Self-Host (pakai hosting berbayar).

Setelah berhasil pindah trafik blog menurun drastis karena waktu itu saya memang belum paham cara pindah yang benar. Saat itu saya orangnya pinginan, jadi sering gonta-ganti theme untuk tampilan blog.

Untuk masalah trafik juga masih bersikap masa bodoh waktu itu, namun akhirnya menyesal juga sih…hahaha.

Dan kudu ikhlas merelakan trafik yang sudah hilang, sampai pada waktunya saya membuka pendaftaran untuk menjadi kontributor penulis cerita perjalanan di SenengDolan.com.

Responnya cukup positif, ada beberapa teman facebook saya yang mendaftar dan juga menulis cerita perjalanannya di blog ini.

Beberapa sobat dolan yang berkontribusi bisa dilihat disini : https://senengdolan.com/contributor/

Terima kasih kalian semua yak! 🙂

Jika ada yang berminat jadi kontributor boleh banget lo 🙂

2016

Mulai dari sini saya memutuskan untuk paka WordPress selamanya karena kemudahan kustomisasi tampilan maupun codingnya.

Namun sifat malas menulis masih menghinggapi sampai-sampai saya beli artikel untuk mengisi konten di blog ini. Foto-foto perjalanan sebelumnya masih banyak tersimpan rapi, baru beberapa yang sudah dipublish.

Di tahun ini dan berikutnya konten blog menjadi acak-acakan tidak terarah, bercampur antara konten cerita perjalanan para kontributor dengan konten hasil pembelian.

2018

Disini saya masih belum juga menulis cerita perjalanan, akan tetapi masih ada beberapa kontributor yang aktif menulis beberapa cerita perjalanannya.

2019

Vakum, tidak ada aktifitas di blog.

2020

Vakum, tidak ada aktifitas di blog.

2021

Inilah saat-saat perubahan besar terjadi, di awal bulan Mei 2021 blog ini saya bangkitkan kembali untuk mencurahkan sedikit cerita perjalanan dari beberapa jarak yang telah ditempuh.

Saya ganti theme yang lebih SEO-Friendly dan mengubah tampilannya menjadi blog banget yang masih sesuai dengan selera saya pribadi. Namun bila sobat ada masukan/usulan monggo disampaikan, saya terima 🙂

Dan saya pun sudah mulai aktif kembali untuk menulis cerita perjalanan dan blogwalking ke blog-blog sejenis dan seirama dengan blog ini.

Juni 2021 ini masih proses untuk me-redirect link lama ke link baru, menempatkan konten khusus cerita perjalanan para kontributor di situs utama dan artikel umum ke sub-blog.

Demikian lumayan panjang ceritanya, padahal diatas tadi janjinya sedikit…hahaha.

Maaf ya…

*Nanti saya update lagi jika ada perubahan.


Mengapa Seneng Dolan?

Saya yakin masih banyak yang belum tahu dan paham yak…

Seneng Dolan berasal dari bahasa Jawa,

Seneng berarti suka, senang, dll.

Dolan berarti pergi, jalan-jalan, dll.

Jadi, secara umum Seneng Dolan dapat diartikan Suka Jalan-Jalan

Lebih luas lagi dapat diartikan : traveling, backpackeran, petualangan, mbolang, kelayapan, piknik, dll.

Seperti kebanyakan para pejalan diluar sana yang suka menceritakan perjalanannya di blog, saya juga menyebut diri saya pribadi dengan sebutan Travel Blogger.

Walau hanya wisata lokalan saja, yang penting jalan daripada nggak jalan 😛

Oh iya, ke depan pengembangan konten pada blog ini selain cerita perjalanan juga akan dihadirkan rubrik Kuliner.


Logo SenengDolan.com didesain dengan penuh pertimbangan sejak awal berdiri pada tahun 2012. Menghadirkan ragam warna yang menjadi dominasi pada logo tersebut.

Setiap warna pada logo SenengDolan.com merepresentasikan kebahagiaan dan kesenangan dalam menikmati perjalanan, kehidupan, dan juga kehadiran pribadi dari berbagai macam latarbelakang.


Tertarik untuk bergabung sebagai penulis cerita perjalanan di blog ini?

Silahkan baca caranya disini 🙂

Salam hangat,
Tirta Wahyu – SenengDolan.com