Written by : Mendy

Lokasi, Rute, dan Daya Tarik Wisata Simpang Lima Semarang (belum gambar)

Simpang Lima Semarang tidak hanya menawarkan alun-alun dan tamannya yang asri dan luas. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sana, dari mulai berwisata foto sampai menikmati sajian kuliner. Berkunjung ke ibukota Jawa Tengah tidak akan lengkap tanpa menikmati suasana alun-alun utama kota.

Alun-alun utama Kota Semarang tersebut sebenarnya bernama Lapangan Pancasila. Diberi nama Simpang Lima Semarang karena lokasinya berada di tengah lima persimpangan. Pasar Johar dan Masjid Agung Kauman adalah dua destinasi wisata paling terkenal yang berada dekat dengan simpang lima.

Lokasi dan Rute Menuju Simpang Lima Semarang

Lokasi dan Rute Menuju Simpang Lima Semarang
Sumber: tripcetera.com

Alamat Simpang Lima Semarang ada sekitar Jl. Padanaran, Ahmad Yani, Gajah Mada, Kota Semarang, Jawa Tengah. Karena merupakan ikon dan alun-alun kota, tidak sulit untuk menemukan lokasinya. Kawasan disekitar simpang lima merupakan kawasan lama yang pasti dikenali oleh orang Semarang.

Kawasan Simpang Lima Semarang adalah destinasi wisata yang mudah dijangkau dari berbagai lokasi. Apabila Anda berada di Stasiun Semarang Tawang atau di Bandara Semarang, hanya diperlukan waktu 20 menit untuk mencapainya. Rute menuju simpang lima bisa bervariasi bergantung dimana Anda berada.

Apabila Anda keluar Tol Gayamsari, Anda bisa belok kanan menuju Jl. Majapahit, kemudian lurus sampai menemukan lapangan besar. Apabila Anda dari jalur Pantura (datang dari arah barat (Jakarta, dll)), masuk ke Jl. Walisongo, Semarang. Kemudian, lurus ambil jalan keluar ketiga menuju Jl. Jenderal Sudirman.

Dari sana, lurus sampai setelah jembatan, masuk ke Jl. Mgr. Sugiyopranoto. Lanjutkan, belok kiri pertama setelah Lawang Sewu. Simpang Lima Semarang akan terlihat terlihat jelas dengan lapangannya yang besar. Simpang lima sangat mudah dijangkau baik melalui kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Biaya dan Jam Operasional Simpang Lima

Biaya dan Jam Operasional Simpang Lima
Sumber: kompasiana.com

Alun alun Simpang Lima Semarang merupakan area terbuka yang bisa Anda kunjungi kapanpun. Simpang lima bisa buka 24 jam dan bisa dikunjungi di pagi, siang, sore, sampai malam hari. Tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk berkunjung ke sana. Biaya dikeluarkan untuk menggunakan permainan.

Umumnya, di sore hari akan banyak bermunculan permainan dan fasilitas wisata, dari mulai delman, sepeda hias, sampai berfoto dengan cosplay. Biaya yang dikeluarkan pun tidak mahal, dari Rp 5.000 sampai Rp 50.000. Jangan lupa untuk menyiapkan uang parkir motor Rp 2.000 dan parkir mobil Rp 5.000.

Daya Tarik dan Wisata Simpang Lima

Daya Tarik dan Wisata Simpang Lima
Sumber: upradio.com

Simpang Lima Kota Semarang memiliki banyak tarik dan berbagai jenis wisata yang bisa dilakukan di sepanjang waktu. Jangan berpikir keliru dimana alun-alun kota hanya menyediakan rumput hijau dan ruang terbuka. Di sana, Anda bisa mengakses berbagai fasilitas wisata yang lengkap dengan harga yang murah.

Berikut adalah daya tarik dan jenis wisata yang bisa ditemukan di Simpang Lima Semarang kota.

1. Menikmati Suasana dan Berinteraksi dengan Warga Lokal

Alun-alun Simpang Lima Semarang adalah tempat populer untuk warga mencari keramaian dan menikmati ruangan terbuka. Selain warga biasa, alun-alun kota menjadi tempat berkumpulnya berbagai komunitas di Kota Semarang. Alun-alun kota yang luas cukup bagi banyak orang lokal berinteraksi.

Anda bisa berbincang dan menggali informasi lebih jauh mengenai budaya dan aktivitas warga di Kota Semarang. Ada banyak informasi dan pengetahuan yang bisa Anda dapatkan. Sekalipun tidak berinteraksi, menikmati alun-alun dan bertemu dengan banyak orang lokal bisa memberi pengalaman yang berbeda.

Salah satu waktu terbaik untuk menikmati suasana di alun-alun adalah berkunjung di malam hari. Banyak orang berusaha menikmati dan meresapi apa yang ditawarkan sebuah kota dengan berada di pusat kota pada malam hari. Anda bisa menggelar tikar dan menikmati suasana malam yang ramai di alun-alun kota.

CFD Simpang Lima Semarang rutin diadakan di akhir pekan dan bisa menjadi acara yang menarik untuk para wisatawan. Ada banyak hotel dekat alun-alun Semarang yang akan memudahkan Anda berpartisipasi dalam acara di alun-alun tanpa perlu mengeluarkan banyak waktu untuk berkendara.

2. Berbelanja dan Menikmati Area Sekitar

Alun-alun Semarang malam hari tidak hanya menarik di alun-alunnya. Area sekitar alun-alun pantas mendapatkan perhatian lebih. Ada banyak mal dan pusat perbelanjaan yang bisa dikunjungi. Dengan kata lain, simpang lima kota menawarkan pengalaman berbelanja yang cukup memuaskan dan modern.

Mal-mal yang bisa dikunjungi diantaranya Ciputra Mall dan Plaza Simpang Lima. Untuk mengaksesnya, Anda hanya perlu berjalan kaki. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di sana selain berbelanja tentunya. Mengakhiri atau mengawali aktivitas di simpang lima di pusat perbelanjaan adalah ide yang perlu dicoba.

3. Berfoto di Banyak Spot Foto

Simpang Lima Semarang memiliki banyak spot foto yang unik, menarik, dan bisa menjadi penanda bahwa Anda telah berkunjung ke Semarang. Spot foto paling terlihat tentu saja adalah neon Simpang Lima berukuran besar yang cocoknya ditangkap lensa kamera di malam hari, bersama Anda atau tidak.

Area dan suasana alun-alun selalu menjadi objek foto yang menarik. Waktu terbaik untuk memotret keramaian dan daya tarik terbaik simpang lima adalah di sore sampai malam hari. Selain mengambil foto suasana, Anda juga berkesempatan berfoto bersama para cosplayer yang mudah ditemukan di alun-alun.

Perlu diketahui, berfoto bersama cosplayer itu berbayar dan tarifnya cukup bervariasi. Kegiatan berfoto bersama cosplayer paling banyak dilakukan oleh anak-anak. Tokoh-tokoh pahlawan super, kartun, dan animasi masa kini mendominasi cosplayer di sana. Hal tersebut cukup unik dan menarik untuk semua usia.

Baca Juga: Cimory Ungaran Semarang, Wisata Edukasi untuk Anak-anak

4. Menikmati Permainan

Terdapat banyak permainan yang bisa dicoba di alun-alun kota. Anda bisa mengelilingi beberapa area di Kota Semarang yang bersejarah dengan menyewa becak, mobil hias, delman hias, dan bahkan mobil hias. Siapkan uang mulai Rp 35.000 sampai Rp 40.000 untuk menikmati wahana permainan yang tersedia.

Tertarik dengan permainan yang mengasah otak? Anda bisa bermain catur melawan warga lokal, terutama bapak-bapak di sana. Siapkan saja uang Rp 5.000 setiap kali bermain. Selain catur, anak-anak dan remaja bisa mencoba menyewa sepatu roda, otopet, dan bermain inline skate di area trotoar Lapangan Pancasila.

5. Berwisata Kuliner

Wisata kuliner Simpang Lima Semarang adalah aktivitas wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Ada banyak pedagang, warung, dan restoran yang menyediakan makanan khas Semarang dan makanan lezat lainnya. Anda bisa mencoba tahu gimbal, wedang tahu, lumpia Semarang, bokoran, dan kuliner lainnya.

Bagaimana dengan harga yang dipatok oleh para pedagang? Anda tidak perlu khawatir dengan harganya karena berbagai makanan yang ditawarkan dijual dengan harga yang normal. Semua makanan di semua waktu memiliki keunikannya sendiri sehingga tidak perlu mengambil waktu spesifik untuk wisata kuliner.

Wisata Simpang Lima Semarang sangat bervariasi dan bisa menjadi awal mula cerita wisata Anda di Semarang. Jangan ragu untuk mengunjungi alun-alun kota dan mulai menentukan kemana arah wisata yang akan dijalani di Semarang. Ada banyak daya tarik, termasuk area di sekitar alun-alun yang ikonik.

Simpang Lima Semarang menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan di Kota Semarang. Pengalaman berwisata yang akan Anda dapatkan dijamin lengkap. Untuk pengalaman yang lebih tidak terlupakan, kunjungi simpang lima ketika ada eventkhusus, termasuk acara hiburan rakyat.

Yakin nggak mau komen?