Written by : Mendy

Pantai Indah Bosowa Makassar, Ini Daya Tarik dan Fasilitasnya

Pantai Indah Bosowa adalah salah satu pantai terbaik di Sulawesi, khususnya di Sulawesi Selatan. Pantai Bosowa memang tidak sepopuler Pantai Losari. Namun, daya tarik wisatanya tidak kalah menarik, terutama kenyamanan dan pengalaman menikmati sunset. Oleh karena itu, pantai ini banyak direkomendasikan.

Pantai ini diberi nama Bosowa karena berada di area tanah milik salah satu perusahaan swasta terbesar di Indonesia. Dibandingkan Pantai Losari, Pantai Bosowa memang masih ‘muda’ karena muncul dan populer di awal dekade 2010-an. Adanya pantai ini memperkaya destinasi wisata alam di Kota Makassar.

Pantai Bosowa Indah juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang yang cukup lengkap dan sarana rekreasi yang memadai. Harga dan biaya berwisata di sana relatif murah dengan kualitas yang baik. Selain berlibur bersama keluarga, Pantai Bosowa adalah destinasi wisata yang cocok untuk anak muda.

Rute dan Lokasi Pantai Bosowa

Rute dan Lokasi Pantai Bosowa
Sumber: tribunnews.com

Lokasi Pantai Bosowa mudah dijangkau dari pusat Kota Makassar dan Pantai Losari. Kedua pantai memang cukup berdekatan sehingga wisatawan Pantai Losari bisa berkunjung ke Pantai Bosowa, begitu pun sebaliknya dengan mudah dan cepat. Pantai Bosowa berada di Tanjung Bunga Lake Park, Tamalete.

Dari pusat Kota Makassar, langsung ke arah Jl. Metro Tanjung Bunga. Jarak dari pusat kota ke Pantai Indah Bosowa adalah sekitar 20 km. Diperlukan waktu sekitar 40-50 menit untuk sampai ke sana (lebih cepat jika lalu lintas lancar). Pantai Bosowa lebih mudah dan lebih cepat dijangkau dari Pantai Losari.

Pantai Bosowa hanya berjarak 6 km saja dari Pantai Losari dan bisa dijangkau dalam waktu 15 menit saja. Dari Pantai Losari, lanjut ke arah selatan sekitar 5 km, kemudian putar balik sebelah kanan pas di depan mal GTC Makassar. Setelah menempuh 300 m, belok kiri untuk sampai ke kawasan Pantai Bosowa.

Harga Tiket dan Jam Buka Pantai Bosowa

Harga Tiket dan Jam Buka Pantai Bosowa
Sumber: atourin.com

Jam buka Pantai Bosowa Makassar adalah dari pukul 05.00 WITA sampai pukul 21.00 WITA. Jam buka tersebut berlaku untuk area pantai termasuk beberapa sarana rekreasi. Pada situasi padat pengunjung, pantai ini mulai dipadati wisatawan sejak subuh. Mengunjungi pantai ini di pagi hari adalah ide yang baik.

Untuk wisatawan yang menggunakan fasilitas berkemah, Pantai Bosowa terbuka 24 jam. Harga tiket masuk Pantai Indah Bosowa adalah Rp 10.000 di hari kerja dan Rp 15.000 di akhir pekan dan hari libur. Biaya parkir di Pantai Bosowa adalah motor di Rp 5.000, mobil Rp 10.000, dan bus atau truk Rp 50.000.

Daya Tarik Wisata Pantai Indah Bosowa

Daya Tarik Wisata Pantai Indah Bosowa
Sumber: pergiyuk.com

Berikut adalah berbagai macam daya tarik wisata dan sarana rekreasi di Pantai Bosowa, Makassar.

1. Pantai Nyaman dan Luas

Pantai Indah Bosowa Makassar memiliki area yang luas dan nyaman. Luasnya area pantai memudahkan wisatawan untuk melakukan berbagai aktivitas tanpa perlu khawatir berdesakan dengan wisatawan lain. Luasnya area bahkan masih tetap terasa kendati jumlah wisatawan meningkat, termasuk di hari libur.

Pengalaman menyusuri pantai menjadi lebih memuaskan karena cakupan area yang luas. Pantai Bosowa termasuk pantai yang tidak terlalu ramai karena memang bukan lokasi wisata pantai utama di Makassar. Berkunjung di hari biasa dan kala sepi akan benar-benar mengekspos keindahan Pantai Bosowa.

Jika tidak bermain dan memanfaatkan fasilitas rekreasi yang tersedia, menikmati suasana pantai di gazebo atau tempat duduk sudah cukup. Untuk menggunakan fasilitas tersebut, siapkan biaya sewa mulai Rp 50.000 sampai Rp 200.000. Jika tidak menggunakan fasilitas tersebut, gelar saja tikar di lokasi yang pas.

2. Pas Untuk Camping

Pantai Bosowa adalah pantai yang cocok untuk dijadikan tempat camping dan melakukan aktivitas yang berkaitan dengan aktivitas tersebut. Di sana, terdapat fasilitas untuk berkemah yang memang banyak digunakan oleh para pecinta alam dan komunitas yang berkaitan. Peralatan kemah dibawa sendiri.

Terdapat lokasi kemah yang banyak digunakan dan aman. Tentu saja, lokasi tersebut jauh dari jangkauan ombak besar dengan udara yang tidak terlalu dingin. Bawa serta teman untuk sama-sama menikmati pantai di malam hari. Berkemah di sana membuat pengalaman menikmati sunrise menjadi lebih memuaskan.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Makassar Terbaik, HTM nya Murah Meriah!

3. Spot Foto dan Suasana Sunset Terbaik

Terdapat banyak spot foto menarik di Pantai Indah Bosowa yang bisa menjadi buruan banyak orang. Ada banyak latar belakang maupun panorama indah yang akan menghasilkan hasil jepretan yang sangat menarik. Ada banyak objek di pantai tersebut yang bisa dijadikan sebagai objek foto yang cukup ikonik.

Salah satu bukti bahwa Pantai Bosowa memiliki banyak spot foto menarik adalah kawasan tersebut sering dijadikan sebagai kawan untuk foto pre-wedding. Banyak spot terbaik yang bisa jadi bagian dari momen tidak terlupakan pasangan pengantin. Sore sampai malam hari jadi waktu berfoto yang direkomendasikan.

Waktu terbaik yang dijamin menyajikan pengalaman visual terbaik di Pantai Bosowa adalah ketika sunset. Banyak orang khusus datang ke pantai ini untuk menikmati momen sunset yang tidak terlupakan. Indahnya panorama ketika matahari terbenam di sana juga menjadi objek foto yang banyak diburu oleh wisatawan.

4. Nongkrong dan Wisata Kuliner

Wisata Pantai Bosowa tidak hanya ada pada keindahan panorama alam yang ada di sana. Wisatawan bisa menikmati berbagai sajian kuliner yang disediakan di pantai maupun di area sekitar pantai. Berbagai jenis makanan khas Kota Makassar dan khas pantai bisa membuat perut kenyang sekaligus senang.

Salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi untuk nongkrong di sana adalah Café Duduk Berdua. Di kafe ini ada banyak kuliner khas dan minuman masa kini yang bisa menemani indahnya suasana sore di pantai. Harga makanan di Pantai Bosowa Makassar cukup bervariasi dari Rp 15.000 sampai Rp 30.000.

5. Rekreasi Wisata Air

Pantai Indah Bosowa memiliki laut yang tenang dan ombak yang tidak terlalu besar. Kondisi tersebut mendukung berbagai aktivitas rekreasi air yang bisa dilakukan oleh anak-anak. Tidak heran, Pantai Bosowa menjadi destinasi wisata untuk keluarga karena lautnya cocok untuk berenang dan bermain air.

Sarana rekreasi yang bisa dinikmati di sana beragam, dari mulai menyewa jet ski sampai perahu kayak. Selain rekreasi di air, fasilitas rekreasi di area pantai juga menarik untuk dicoba. Wisatawan bisa mencoba bermain voli pantai atau menjaga kebugaran dengan memanfaatkan trek jogging yang ada di sana.

6. Penginapan dan Fasilitas Pendukung

Penginapan Pantai Bosowa mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau. Kendati demikian, banyak wisatawan yang menginap di Kota Makassar karena memang jarak pantai dan waktu tempuhnya singkat. Pantai Bosowa sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendukung kenyamanan wisatawan.

Macam-macam fasilitas yang tersedia di Pantai Indah Bosowa Kota Makassar Sulawesi Selatan area parkir yang luas dan nyaman (tidak perlu takut kesulitan parkir), toilet dan ruang ganti pakaian yang cukup memadai, tempat duduk pinggir pantai, mushola, penjaga pantai, warung, dan fasilitas bermain anak.

Pantai Indah Bosowa bisa menjadi destinasi wisata alternatif apabila Pantai Losari telah penuh dipadati pengunjung. Sebagai salah satu pantai terbaik yang ada di Sulawesi, berkunjung ke sana bisa memberikan pengalaman yang unik, terutama di sore hari. Jangan ragu untuk berkunjung ke sana kapanpun.

Yakin nggak mau komen?