Written by : Mendy

Pantjoran PIK, Chinatown di Jakarta Utara yang Hits Abis!

Selain wisata kuliner, wisatawan bisa berwisata foto dan wisata budaya di Pantjoran PIK Jakarta Utara. Pantjoran adalah kawasan wisata dengan nuansa Tionghoa yang kuat. Dikenal sebagai pusat kuliner, Pantjoran bisa menjadi tempat terbaik untuk nongkrong dan menikmati suasana Chinatown yang meriah.

Nuansa Chinatown terlihat jelas dari kombinasi warna dan arsitektur bangunan di sana. Berfoto sambil menikmati pemandangan yang unik khas Tiongkok bisa memberikan pengalaman yang unik. Dalam satu tempat, wisatawan akan dimanjakan oleh banyak hal oriental yang mengesankan dan tidak terlupakan.

Lokasi dan Rute Menuju Pantjoran Chinatown PIK

Lokasi dan Rute Menuju Pantjoran Chinatown PIK
Sumber: jakartatourism.com

Pantjoran PIK dimana dan bagaimana caranya sampai di sana? Pantjoran Chinatown berada di Golf Island atau area Pantai Maju. Kawasan tersebut merupakan pulau reklamasi di teluk utara Jakarta. Lokasinya tepat berada di Kamal Muara, Jakarta Utara. Pantjoran berada tidak jauh dari kawan PIK lainnya.

Mudah mejangkau Pantjoran dari Cove at Batavia atau Central Market PIK. Berbagai moda transportasi bisa digunakan untuk sampai ke Pantjoran PIK. Untuk pengguna kendaraan pribadi, jalan menuju lokasi bisa melalui Tol Lingkar Luar Jakarta. Ke Pantjoran PIK naik kereta bukan hal yang sulit dan kompleks.

Pengguna KRL juga bisa mencapai Pantjoran dengan mudah. Pengguna KRL bisa turun di Stasiun Jakarta Kota. Kemudian, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan transportasi daring. Pengguna TransJakarta bisa turun langsung di Gold Coast PIK. Destinasi wisata tersebut dapat diakses dengan mudah dan cepat.

Harga Tiket dan Jam Buka Pantjoran Chinatown PIK

Harga Tiket dan Jam Buka Pantjoran Chinatown PIK
Sumber: arsitag.com

Pantjoran PIK gratis untuk dikunjungi alias tidak ada harga tiket masuk. Wisata Chinatown gratis ini sangat menguntungkan siapapun yang ingin berkunjung sekaligus menikmati wisata kuliner di sana. Para wisatawan hanya perlu membeli berbagai sajian kuliner lezat yang disediakan atau membeli oleh-oleh.

Harga tiket masuk Pantjoran PIK yang Rp 0 membuat kawasan wisata kuliner tersebut cocok dikunjungi kapanpun. Pantjoran buka setiap hari pukul 07.00 sampai 23.00 WIB. Destinasi wisata kuliner di Jakarta Utara tersebut umumnya pada pengunjung di akhir pekan, apalagi di waktu sore sampai malam hari.

Baca Juga: Taman Langsat, Oase di Tengah Hiruk Pikuk Kota Jakarta

Daya Tarik Wisata Pantjoran PIK Chinatown

Daya Tarik Wisata Pantjoran PIK Chinatown
Sumber: antaranews.com

Daya tarik wisata Pantjoran Chinatown PIK lengkap, dari mulai kuliner sampai belanja tersedia.

1. Nongkrong dan Menikmati Suasana

Pantjoran Chinatown PIK adalah tempat yang pas untuk nongkrong sambil menikmati suasana, terutama di sore sampai malam hari. Terdapat banyak kafe dengan ruang outdoor yang memungkinkan wisatawan menikmati lalu lalang sesama wisatawan. Visual lingkungan dan arsitektur bangunan mendukung suasana.

Ada banyak tempat duduk yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat istirahat setelah lelah berkeliling, berbelanja, dan menikmati ragam aktivitas di sana. Duduk cantik ditemani angin sepoi-sepoi bisa menjadi semacam isi ulang energi untuk kemudian menikmati apa yang ditawarkan destinasi wisata di PIK satu ini.

2. Menikmati Aneka Kuliner

Chinatown Pantjoran PIK terkenal dan populer karena banyaknya kuliner terbaik. Selain rasanya lezat, variasi kuliner yang ada di sana mengesankan. Wisatawan bisa kesulitan memilih makanan dan minuman apa yang akan dinikmati. Konsep Chinatown tidak membatasi sajian kuliner hanya kuliner khas Tionghoa.

Ada banyak kuliner lain yang mengusung tema diluar kuliner Tionghoa. Umumnya, kuliner di Pantjoran PIK bisa dibagi menjadi kuliner halal dan kuliner non-halal. Beberapa kuliner non-halal yang bisa dicoba adalah Siomay Ayung, Lomie Pinangsia, Kantin Qiu 245, Nasi Campur Afuk, Bakmi Congsim, dan Kam’s Roast.

Untuk kuliner halal yang tersedia di Pantjoran PIK juga banyak, diantaranya Roti Srikaya Ajong, Ya Kun Kaya Toast, Uncle Orchard, Chuwi, Es Pluit Acen, Cakwe Katong, Bakmi Gang Kelinci, dan Mie Jowo Semar. Makanan enak di Pantjoran PIK jumlahnya sangat banyak dan dipastikan membuat ketagihan.

Harga makanan di Pantjoran PIK cukup bervariasi, dari Rp 8.000 sampai Rp 40.000 untuk kudapan dan minuman. Untuk makanan berat, harganya mulai dari Rp 30.000 sampai Rp 70.000. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, sebaiknya membawa botol minuman sendiri untuk menghemat pembelian air mineral.

3. Belanja Aksesori dan Barang Unik

Pantjoran PIK rekomendasi aktivitas selanjutnya adalah berbelanja berbagai aksesori dan barang-barang unik yang dijual di sana. Destinasi wisata Pantjoran memang menyediakan banyak tempat belanja dan toko yang menjual suvenir unik. Selain aksesori dan barang unik, ada juga toko yang menjual kosmetik.

Bahkan, Pantjoran bisa jadi tempat yang pas untuk berbelanja produk kecantikan masa kini. Selain berbelanja pigura foto, jam, piring kecil, kaos, gantungan dinding, berbelanja berbagai produk skin care bisa dilakukan. Pengalaman yang akan didapatkan seperti berkunjung ke mal-mal dengan tema khusus.

4. Jalan-jalan Bersama Hewan Peliharan

Pantjoran Pantai Indah Kapuk adalah salah satu destinasi wisata di Jakarta Utara yang ramah untuk hewan peliharaan. Di sana, pengunjung bisa memanfaatkan beberapa fasilitas untuk membawa serta anabul kesayangan. Banyak wisatawan berkunjung ke sana untuk jalan-jalan sore bersama anabul.

Agar kenyamanan dan kebersihan tetap terjaga, pastikan menjaga kebersihan anabul di sana. Hal tersebut dilakukan untuk sama-sama menjaga kebersihan dan menjaga kenyamanan pengunjung. Manfaatkan banyak spot foto terbaik untuk mengabadikan momen terbaik bersama anabul kesayangan di Pantjoran.

5. Spot Foto Artistik

Tidak lengkap berkunjung ke Pantjoran apabila belum berfoto bersama atau melakukan swafoto di berbagai spot foto artistik yang tersedia di sana. Karena mengusung tema Chinatown, wisatawan akan menemukan dengan mudah arsitektur, patung, ornamen, dekorasi, dan banyak objek menarik khas budaya Tionghoa.

Pantjoran PIK memiliki gapura pintu masuk sebagai gerbang menuju pusat kuliner di sana. Ciri khas gapura Tiongkok terlihat jelas dengan dominasi warna emas, merah, dan putih. Gapura ini menjadi salah satu spot foto yang banyak dikunjungi. Selain gapura, terdapat diorama situs bersejarah di Indonesia.

Beberapa diorama juga menceritakan mengenai kehidupan dan budaya masyarakat Pantjoran. Selain menjadi objek foto, diorama ini jadi tempat yang pas untuk belajar sejarah masyarakat setempat. Spot foto lain yang bisa dimanfaatkan dan dinikmati adalah pagoda dan gambar seni mural budaya pecinan.

6. Fasilitas Penunjang

Untuk menunjang kenyamanan dan keamanan wisatawan, Pantjoran sudah menyediakan berbagai fasilitas penunjang. Toilet umum yang disediakan bersih dan sangat layak. Jangan khawatir dengan jumlah toiletnya yang tersebar merata di banyak tempat. Tersedia juga mushola untuk melaksanakan sholat.

Pantjoran Pantai Indah Kapuk Daerah Khusus ibukota Jakarta memiliki pagoda yang umum digunakan untuk menggelar bazar. Selain itu, ada juga patung Dewi Kwan Im, Dewa Guan Gong, dan Dewa Cai Shen yang bisa dijadikan sarana berdoa untuk wisatawan yang beragama Kong Hu Cu dan Tao.

Wisatawan muslim tidak perlu canggung berwisata ke sana karena adanya fasilitas tersebut. Sampai saat ini adalah lebih dari 80 resto atau tenant yang berjualan di sana. Banyaknya tenant yang aktif membuat siapapun yang berkunjung ke sana bisa mendapatkan pengalaman kuliner yang terbaik dan memuaskan.

Pantjoran PIK destinasi wisata bernuansa pecinan yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi, terutama oleh pecinta kuliner. Bagi yang sering berkunjung ke destinasi wisata pecinan, apa yang ditampilkan Pantjoran akan sangat familiar. Variasi kuliner yang disediakan layak mendapatkan apresiasi.

Yakin nggak mau komen?