Written by : Mendy

Suwat Waterfall Gianyar: Lokasi, HTM dan Daya Tarik Wisata

Suwat Waterfall atau air terjun Suwat adalah destinasi wisata alam di Gianyar, Bali yang cocok jadi tempat healing sekaligus menikmati suasana air terjun yang bersih dan asri. Dibandingkan air terjun lain di Bali, air terjun Suwat memang tidak begitu dikenal. Kurang populernya air terjun ini bisa menjadi keuntungan.

Karena tidak begitu dikenal, wisatawan bisa lebih leluasa menikmati air terjun ini karena jumlah pengunjung yang datang tidak begitu banyak. Kendati demikian, air terjun Suwat tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Ada banyak aktivitas asyik yang bisa dilakukan di sana.

Selain bersantai, wisatawan bisa bermain air dan memanfaatkan berbagai properti yang disediakan untuk mendapatkan foto yang berkualitas. Soal harga tiket masuk, Suwat Waterfall entrance fee tidak mahal karena HTM-nya cukup murah. Berbagai fasilitas pendukung wisata di air terjun Suwat sudah memadai.

Lokasi dan Rute Air Terjun Suwat

Lokasi dan Rute Air Terjun Suwat
Sumber: dewata.id

Suwat Waterfall Gianyar berada di Jl. Pura Dalem, Desa Suwat, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasi air terjun tersebut bisa ditemukan dengan mudah melalui Google Map. Mulai perjalanan ke air terjun Suwat dari Gianyar kota. Dari pusat kota, jaraknya adalah 8,5 km dengan waktu tempuh 15 menit.

Setelah berada di pusat kota Gianyar, ikuti Jl. Raya Siangan sampai menemukan air terjun Suwat. Apabila perjalanan dimulai dari Kota Denpasar, waktu tempuhnya mencapai 1 jam. Lokasi bisa dicapai dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Air terjun berada beberapa meter dari pintu masuk lokasi.

Terdapat beberapa anak tangga yang harus dilewati. Jalannya cukup menanjak, untungnya jalannya rapi, tidak curam, dan aman. Selama berjalan dengan baik, insiden kecelakaan seperti tergelincir tidak akan terjadi. Setelah berjalan naik tangga, air terjun Suwat yang berbeda dari air terjun lain di Bali siap dinikmati.

Harga Tiket dan Jam Buka Suwat Waterfall

Harga Tiket dan Jam Buka Suwat Waterfall
Sumber: dewata.id

Air terjun di Gianyar satu ini memiliki jam buka dari pukul 08.00 sampai 19.00 WITA. Jam bukanya cukup panjang sehingga mengakomodasi pengunjung yang datang dari jauh. Air terjun Suwat pas dikunjungi di waktu kapanpun, termasuk di siang hari. Jangan khawatir dengan terik dan sinar matahari yang muncul.

Rimbunnya pepohonan dan posisi air terjun yang dikelilingi pepohonan membuat sinar matahari dan panas terik tidak akan begitu terasa. Kendati demikian, siang hari biasanya menjadi waktu yang dihindari karena jumlah pengunjung yang bisa mencapai puncaknya. Waktu paling pas ke air terjun adalah pagi dan sore.

Di kedua waktu tersebut, selain biasanya tidak banyak pengunjung, udara dan suasana air terjunnya lebih segar. Harga tiket masuk untuk orang dewasa adalah Rp 15.000, sementara untuk anak-anak adalah Rp 10.000. Harga tiket tersebut termasuk murah untuk menikmati suasana dan keindahan air terjun Suwat.

Daya Tarik Wisata Suwat Waterfall

Daya Tarik Wisata Suwat Waterfall
Sumber: digitaltravelcouple.com

Air terjun Suwat masuk dalam rekomendasi destinasi wisata yang direkomendasikan dikunjungi jika Anda berkunjung ke Gianyar, Bali. Berikut adalah daya tarik wisata air terjun Suwat yang berbeda dari yang lain.

1. Air Terjun Unik

Air terjun Suwat adalah salah satu best waterfall yang layak dikunjungi karena keunikannya. Ada hal yang membedakan air terjun ini dengan air terjun serupa di Bali. Suwat memiliki cekungan dengan air terjun yang lebih artistik karena rapi. Mata memang tidak bisa dibohongi karena air terjun ini indah secara visual.

Airnya cukup tenang, tidak begitu deras dengan posisi air terjun yang tidak begitu tinggi. Hal tersebut membuat suasana lebih kalem dan telinga pun tidak dihantam oleh suara air terjun yang umumnya sangat kencang. Hal unik lain yang bisa dinikmati dari air terjun Suwat adalah genangan air yang cukup luas.

2. Bermain Air

Keunikan yang ada pada Suwat Waterfall membuat air terjun tersebut pas untuk dijadikan tempat berenang. Genangan air yang luas dengan kedalaman yang cukup membuat aktivitas berenang bisa dilakukan dengan lebih leluasa. Sekadar mengambang di atas air menikmati suasana pun bisa dilakukan.

Kedalaman kolam yang ada di sana adalah antara 5 sampai 7 meter dengan pusat kedalaman ada di bagian tengah. Tepiannya relatif dangkal sehingga untuk yang tidak mahir berenang bisa bermain di tepian. Selain berenang di waterfall di Bangli nikmati juga pengalaman bermain air di air terjun Suwat Gianyar.

Baca Juga:

3. Jumping Cliff

Selain berenang, terjun dari ketinggian ke bawah air terjun jadi aktivitas yang direkomendasikan. Jangan ragu untuk terjun bebas karena kedalaman air cukup. Selain itu, berteriak di bawah guyuran air terjun selalu jadi aktivitas favorit yang bisa dilakukan. Lepas dan bebas selama di sana adalah pengalaman yang nyata.

Meloncat dari tebing bisa dilakukan berkali-kali sampai puas dan semua emosisi di dada lepas. Air terjun Suwat menjadi salah satu tempat wisata Bali bisa menjadi tempat pelampiasan yang aman. Soal keamanan, tidak perlu takut karena sudah ada petugas yang mengawasi dan siap membantu kapan saja.

4. Menikmati Suasana

Suwat Waterfall Bali memiliki suasana khas air terjun dengan tingkat ketenangan yang pas. Karena suasana tersebut, banyak orang berkunjung untuk bisa bersantai sambil mendengarkan suara air sekaligus menghirup udara segar. Sensasi cipratan air sekaligus ‘bersembunyi’ di gua air terjun bisa dilakukan.

Suara alam dan suasana di sekitarnya menandakan Suwat waterfall memang terjaga keindahan dan keasriannya. Batu-batu dan pepohonan tua yang ada menambah rindang dan teduh area air terjun. Pengalaman menikmati air terjun yang unik dan beda dari yang lain sangat sayang jika sampai dilewatkan.

5. Buat Foto Keren

Suwat Waterfall foto yang banyak beredar menandakan bahwa destinasi wisata tersebut memang menyediakan beberapa spot foto dan properti foto yang berkualitas. Terdapat rakit bambu yang bisa dinaiki untuk kemudian menjadi properti foto baik dinaiki atau sekadar dipamerkan. Banyak juga spot foto lainnya.

Terdapat latar patung kura-kura dari batu yang bisa dimanfaatkan sebagai pemanis foto yang dibuat. Ada juga patung yang dipenuhi lumut dan banyak spot foto ikonik yang tidak boleh tidak untuk dipotret. Gambaran suasana alam yang ada di sekitar air terjun akan selalu menjadi objek foto natural yang estetik.

6. Fasilitas Penunjang

Destinasi Wisata di Gianyar satu ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang wisata, dari mulai area parkir kendaraan sampai toilet tersedia. Sentra kuliner juga tersedia dengan makanan dan minuman yang lezat. Kursi dan meja tersebar sehingga memudahkan pengunjung untuk beristirahat.

Kesimpulan

Kesimpulan
Sumber: guidetrip.com

Suwat Waterfall ulasan positif dengan banyaknya pujian pada keindahan air terjun yang unik. Menikmati suasana sekaligus berenang di bawah guyuran air terjun memang memberikan sensasi yang tidak terlupakan. Berkunjung ke Gianyar tidak lengkap tanpa menikmati apa yang ditawarkan air terjun Suwat.

Suwat Waterfall bisa menjadi destinasi wisata air terjun yang tidak kalah dengan air terjun lain di pulau dewata. Berenang dan menikmati suasana air terjun Suwat bisa membuat stres hilang dan badan kembali segar. Sebelum pulang, jangan lupa untuk berfoto dan mengabadikan memori tidak terlupakan di sana.

Yakin nggak mau komen?