Travel Story by Tirta Wahyu

Pantai Gesing Gunungkidul Tempat Berburu Ikan Laut Segar

Photo of author
Lebih suka jalan-jalan daripada nggak jalan :P

Ayee dolan-dolan men! 🙂 Jalan-jalan lagi sob! Kali ini aku ke Pantai Gesing Gunungkidul, sebuah pantai dimana para nelayan mendarat membawa hasil tangkapan ikan dari laut. Seakan gak ada matinya, Gunungkidul masih banyak tempat wisata yang belum dikunjungi. Tak hanya pantai saja, Gunungkidul banyak menyimpan pesona alam yang luar biasa.

Pantai Gesing atau Pantai Nelayan ini masih lumayan sepi dengan air laut yang dangkal di pinggiran pantai dengan pasir putihnya, serta batu karang yang berada di sisi kanan kiri pantai menambah eksotisme Pantai nuansa indah ini.

Kamu dapat bersantai sembari menikmati deburan ombak dan hembusan angin laut, atau sekedar berjalan jalan di sepanjang pantai. Kamu juga bisa memancing atau sekedar mencari ikan-ikan laut nan cantik yang bersembunyi dibalik batu karang di pantai yang indah ini.

Pantai Gesing Gunungkidul

Rute Perjalanan ke Pantai Gesing

Pantai Gesing salah satu pantai di Gunungkidul, tepatnya berlokasi di desa Girikarto, kecamatan Panggang yang berada di ujung barat Gunungkidul. Dari arah Bantul untuk menuju Pantai, jalur yang paling mudah adalah melalui Imogiri – Panggang.

Setelah sampai di daerah kecamatan Panggang, kamu harus melanjutkan perjalanan ke arah timur hingga nanti kamu menjumpai sebuah pohon beringin besar yang berada utara jalan. Dari pohon beringin tersebut kamu harus berbelok ke kanan dan menyusuri jalan kurang lebih 8 km.

Nanti akan ada petunjuk arah, melewati jalanan yang tidak mulus, namun tetap bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Di Pantai Gesing Gunungkidul, kamu disuguhi dengan pemandangan Samudra Indonesia yang terbentang luas. Pantai yang indah ini menjorok ke daratan dan diapit oleh dua bukit. Kamu bisa menikmati Pantai dengan turun ke ke sepanjang pantai atau sekedar menikmati pemandangan dari atas karang.

Pemandangan Indah di Pantai Para Nelayan

Di bawah ini dapat kamu lihat beberapa foto suasana di Pantai Gesing Gunungkidul sob!

Perahu Nelayan
Perahu Penangkap Ikan
Gesing diapit dua tebing

Di bawah ini panorama pantai jika dilihat dari atas tebing 🙂

Tebing tebing pantai Gesing

Jalan-jalan rasanya kurang afdol jika belum foto-foto narsis ya sob! hehee 😛

Menikmati Pemandangan Alam Pantai Gesing
Melihat lebih dekat Pantai Para Nelayan

Fasilitas Pantai Gesing

Oke sob! Berikut ada beberapa fasilitas yang ada di pantai terindah di Gunungkidul ini :

  1. Masjid
  2. Kamar mandi/WC dengan tarif 2000/orang
  3. Warung makan ikan segar
  4. TPI (tempat pelelangan ikan) buka jam 08.00-10.00

Nah, semoga ceritaku bermanfaat buat kamu yang ingin berkunjung ke Pantai Gunungkidul 🙂

Happy weekend sob! 😀

Baca juga cerita Pantai Kesirat Gunungkidul

4 thoughts on “Pantai Gesing Gunungkidul Tempat Berburu Ikan Laut Segar”

  1. Waah.. ini lokasi pantainya dekat dengan pantai Kesirat.. Serunya di pantai Gesing ada TPI (tempat pelelangan ikan) ya.. bisa maem olahan lezat ikan segar..

    Reply

Leave a Comment