Written by : Mendy

10 Oleh Oleh Khas Salatiga yang Legendaris, Wajib Beli!

Salatiga memiliki banyak oleh-oleh khas terutama kudapan sedap yang bisa menjadi teman setia mengisi waktu luang. Setelah berwisata di sana dan menikmati destinasi wisata yang unik dan menarik, jangan lupa untuk membeli berbagai oleh-oleh khas Salatiga yang enak dan harganya termasuk ramah di kantong.

Oleh-oleh dari Salatiga cukup beragam, tidak hanya kudapan dan kuliner saja, tetapi juga banyak yang berbentuk suvenir termasuk cendera mata dengan motif batik. Salatiga memiliki kopi dengan rasa yang khas dan unik. Selain kudapan yang gurih, membawa pulang kopi Salatiga menjadi pilihan yang tepat.

Oleh Oleh Khas Salatiga dari Kudapan Sampai Suvenir

Berikut adalah 10 oleh-oleh dan cendera mata khas Salatiga yang unik dan menarik.

1. Kerupuk Godril

Kerupuk Godril
Sumber: Sonora.id

Kerupuk Godril adalah cemilan khas Salatiga yang terbuat dari singkong. Kerupuk singkong khas Salatiga ini tidak dibuat dengan bahan pengawet sehingga lebih sehat dan sangat aman untuk dikonsumsi. Singkong yang digunakan telah diproses sedemikian rupa sehingga tidak keras dan teksturnya renyah.

Rasa gurih dan kriuk plus rasa asin ditambah tambahan rasa (pedas, balado, manis, dll) memberi kelezatan yang terus menuntut untuk dikonsumsi. Selain namanya yang unik dan seperti nama monster, kerupuk ini memiliki ciri khas garis warna hijau dan warna pink yang melintang pada kerupuk yang berwarna putih.

2. Bakpia Pathuk

Bakpia Pathuk
Sumber: shopee.com

Makanan oleh-oleh khas Salatiga selanjutnya dijamin sudah familiar karena termasuk mudah ditemukan di berbagai wilayah di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bakpia Pathuk juga menjadi oleh-oleh khas yang bisa didapatkan di Salatiga. Bakpia merupakan kudapan yang cukup populer di kawasan wisata Salatiga.

Rasa bakpia yang disediakan beragam, dari keju, cokelat, sampai kacang hijau. Jika dibandingkan dengan bakpia Jogja, rasa bakpia Salatiga tidak kalah lezat. Satu dus bakpia berisi 15-20 biji dijual Rp 25.000. Bakpia Pathuk di Salatiga bisa ditemukan di banyak tempat, salah satunya di Jalan Sudirman, Salatiga.

3. Roti Wonder

Roti Wonder
Sumber: shopee.com

Oleh-oleh khas Salatiga yang enak dengan rasa yang unik adalah roti wonder. Roti wonder adalah salah satu merk roti terkenal di Salatiga dan Jawa Tengah dengan varian rasa dan kreasi kuliner yang unik. Roti ini menawarkan banyak rasa yang lezat, dari mulai roti sosis, roti spesial, roti bajul, donat, sampai roti ring.

Roti wonder adalah kue khas Salatiga yang bisa dijadikan cemilan ketika berkeliling di Kota Salatiga atau mengunjungi berbagai destinasi wisata. Harga roti wonder relatif murah, Rp 15.000 per kemasan. Roti Wonder juga bisa menjadi kudapan yang ditemani teh atau kopi hangat sambil menunggu senja berakhir.

4. Ampyang

Ampyang
Sumber: idntimes.com

Oleh oleh khas Salatiga Semarang Jawa Tengah yang kriuk dan manis adalah ampyang. Ampyang merupakan makanan ringan yang banyak dijadikan favorit karena mengkombinasikan rasa gurih, rasa manis, dan kacang yang khas. Rasa gula jawa dan gurihnya kacang bisa memberikan sensasi yang unik.

Ampyang umum dijadikan kudapan dalam perjalanan maupun sebagai kudapan untuk menambah energi. Para penikmat kacang dipastikan menjadi cemilan ini sebagai favorit. Harga ampyang sendiri relatif murah, Rp 15.000. Selain di Salatiga, ampyang adalah kudapan yang mudah ditemukan di Solo dan Jawa Tengah.

Baca Juga:

5. Ronde Sekoteng Jago

Ronde Sekoteng Jago
Sumber: jalanjalanenak.com

Ronde sekoteng jago adalah minuman khas Salatiga dan Jawa Tengah yang mudah ditemukan di pusat kota. Minuman hangat dengan rasa yang sedikit manis dan sedikit pedas ini merupakan minuman legendaris di Salatiga. Ronde sekoteng jago menggunakan resep yang sudah ada sejak tahun 1964.

Selain rasa pedas dan manis khas minuman berjahe plus gula, kacang dan isian dari sekoteng tersebut menciptakan rasa gurih sehingga tidak monoton rasanya. Sekoteng ini bisa dinikmati dengan harga Rp 17.000 saja. Sore dan malam hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati sekoteng ronde Salatiga.

6. Kopi Salatiga

Kopi Salatiga
Sumber: wisatahits.com

Oleh-oleh khas Salatiga satu ini khusus untuk pecinta kopi. Kopi Salatiga, khususnya kopi salak adalah salah satu minuman kopi favorit yang populer di sana dan sering dijadikan oleh-oleh setelah bepergian ke Salatiga. Buah yang manis dan asam tersebut mampu memberi aroma dan sensasi rasa yang unik.

Selain dalam bentuk dus, kopi salak mudah ditemukan dalam saset siap seduh dengan harga Rp 5.000 saja. Selain kopi salak, kopi khas Salatiga lainnya adalah kopi Babah Kacamata. Kopi ini dijual dengan harga yang terjangkau dan umum dijadikan sebagai oleh-oleh kopi khas dari Salatiga yang berkualitas.

7. Batik Bambu

Batik Bambu
Sumber: nusabali.com

Souvenir khas Salatiga yang banyak dicari dan khas dari kota tersebut adalah batik bambu. Batik yang umumnya dijadikan motif dalam pakaian dan kain di Salatiga dijadikan motif pada bambu yang telah dibuat menjadi cendera mata yang unik dan keren. Bambu menjadi media membatik yang ternyata pas dan cocok.

Kerajinan khas Salatiga dari bambu bentuknya macam-macam, dari mulai rantang sampai vas bunga pun ada. Dengan motif batik berwarna yang beragam, nilai dari kerajinan tersebut dipastikan meningkat. Harga batik bambu bervariasi, dari mulai yang puluhan ribu sampai ratusan ribu tergantung motif dan ukurannya.

8. Gethuk Kethek

Gethuk Kethek
Sumber: halallife.id

Oleh-oleh khas Salatiga Indonesia yang unik dan wajib dicoba setiap wisatawan yang berkunjung ke sana adalah gethuk kethek. Gethuk merupakan kudapan yang berbahan dasar singkong dengan rasa yang manis. Gethuk umumnya mudah ditemukan di berbagai wilayah di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Ada yang berbeda dari gethuk kethek dari gethuk lain di kawasan tersebut. Gethuk ini memiliki tekstur yang lebih mulus dan lebih lembut. Ketika dikonsumsi, rasa manis dominan muncul. Gethuk ini ternyata cukup mengenyangkan sehingga bisa menjadi kudapan yang menjadi pengganjal perut ketika sedang lapar.

9. Keripik Paru

Keripik Paru
Sumber: tribunnews.com

Oleh-oleh khas Salatiga keripik paru bisa menjadi kudapan gurih dan renyah yang dibawa pulang dari Salatiga. Sesuai dengan namanya, keripik ini berbahan dasar paru sapi pilihan yang diselimuti tepung. Gurih, renyah, dan sedikit asin adalah asa dari keripik yang pas dijadikan kudapan ketika bersantai.

Selain ketika bersantai, keripik paru juga biasanya jadi keripik yang digunakan layaknya kerupuk ketika makan. Keripik paru bisa menambah kenikmatan ketika makan, makanan berkuah. Harga keripik paru relatif terjangkau, sekitar Rp 20.000. Keripik ini mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh Salatiga.

10. Enthing-enthing Gepuk

Enthing-enthing Gepuk
Sumber: viva.com

Jajanan Salatiga dengan ukuran yang cukup kecil dan renyah adalah enthing-enthing gepuk. Oleh-oleh satu ini memiliki bentuk layaknya permen atau gula yang dibungkus oleh kertas. Enthing-enthing gepuk memiliki tekstur kasar, cukup padar, renyah, dan ketika dimakan, rasa manis dan gurih sangat dominan.

Harga oleh-oleh khas Salatiga umumnya ramah di kantong, ketika berlibur ke sana, pulang ke rumah sudah bisa memborong banyak oleh-oleh Salatiga. Kendati harganya relatif murah, kualitas dan rasanya unik dan lezat. Agar mendapatkan pengalaman penuh, beli oleh-oleh dari toko oleh-oleh Salatiga terbaik.

Oleh-oleh khas Salatiga bisa memberikan sensasi nostalgia karena banyak dari kudapan khas tersebut tidak mudah lagi ditemukan di kota besar, apalagi ibu kota. Maka dari itu pastikan untuk memburu oleh-oleh Salatiga ketika berkunjung ke sana, baik untuk keperluan liburan, pulang kampung, atau berbisnis.

Yakin nggak mau komen?