Written by : Banyu

Taman Nasional Bali Barat Sebagai Pusat Penangkaran

>> Penawaran Menarik <<

Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat wisata yang berada di pulau Bali yang berisikan tempat wisata alam yang sangat indah.

Taman nasional di Bali ini lebih tepatnya terletak pada bagian barat pulau Bali yang memiliki luas ±77.000 hektar kalau dikira kira hampir 10% luas daratan dari pulau Bali.

Taman Nasional Bali Barat Sebagai Pusat Penangkaran

Taman Nasional Bali Barat
Taman Nasional Bali Barat – pict by reddoorz.com

Taman nasional ini memiliki berbagai macam habitat hewan hewan, sabana, dan juga hutan. Dibagian tengah taman ini juga memiliki bekas sisa dari 4 gunung berapi yang ada mulai dari zaman terdahulu yaitu zaman Pleistocene.

Taman Nasional ini juga melestarikan hewan langka yang berasal dari Bali yaitu Harimau Bali dan juga Burung Jalak Bali. Kedua binatang tersebut dilestarikan Taman Nasional agar populasi binatang langka tersebut bisa kembali banyak.

Pasalnya banyak sekali orang orang yang mengincar binatang tersebut untuk dibunuh dan diambil bagian tubuh hewan tersebut untuk kepentingan mereka sendiri seperti dijual, atau di pakai sendiri.

Taman Nasional Bali Barat Merupakan Pusat Penangkaran
Pusat Penangkaran TNBB – pict by beritasatu.com

Di kawasan TN Bali Barat mempunyai 2 jenis ekosistem alam yang sangat unik, dinataranya yaitu ekosistem laut dan ekosistem darat.

Para pengunjung wisata Taman Naisonal Bali Barat dapat menikmati ekosistem air yaitu keindahan pantai, melihat hijaunya hutan mangrove, melihat ekosistem coral di laut, serta perairan laut dalam dan dangkal.

Dan pengunjung juga dapat menikmati keindahan ekosistem darat yaitu savana, hutan hujan, hutan musim, dan juga hutan pantai. Di Taman Nasional ini pasti menyuguhkan keindahan alam yang sangat kaya yang membuat mata kita layaknya di sihir oleh keindahan alamnya.

Hutan di Taman Nasional ini mempunyai ±175 dari jenis tumbuhan dan 14 jenis diantaranya bisa dikatakan tumbuhan langka. Tidak hanya tumbuhan, hewan hewan pun ada seperti burung jalak bali, trenggiling, kijang, burung ibis putih, landak, kancil dll.

Banyak Tempat Petilasan

Sejarah Taman Nasional Bali Barat
TNBB – pict by hargatiket.net

Di Taman Nasional Bali Barat juga terdapat petilasan yang ditemukan oleh sesepuh yang bernama Mat Yamin di tahun 1954, ptilasan tersebut dinamai petilasan Mbah Temon. Petilasan itu dinamai petilasan Mbah Temon karena petilasan tersebut baru diketemukan (ketemu/temu) saat Mat Yamin selesai melakukan semedi.

Petilasan lain yang cukup legenda adalah makam I Wayan Jayaprana. Jayaprana itu adalah seorang pemuda yang sangat tampan yang di dalam Babad Bali mengisahkan sudha dibunuhnya oleh Patih Sawunggaling yaitu utusan dari Raja Kalianget, karena si Raja menginginkan sang istri Jayaprana yang sangat cantik rupawan yaitu Ni Nyoman Layonsari.

Wilayah dari TN Bali Barat terdapat di 2 Kabupaten dan 2 Kecamatan yaitu di Kecamatan Melaya, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Jembrana, dan Kabupaten Buleleng. Taman Nasional ini sangat mudah sekali diakses dari Kota Denpasar Bali atau dari Pelabuhan Gilimanuk.

Karena lokasi dari taman nasional ini dilalui jalan besar/jalan raya Gilimanuk Negara atau jalan raya Gilimanuk Singaraja. Anda dapat menempuh ke TN Bali Barat dengan menggunakan mobil pribadi atau pun angkutan umum seperti taxi, bus, ojeg, mobil carter dan sebagainya.

Agar lebih mudah dalam perjalanan wisata anda ke Taman Nasional ini, para wisatawan dapat ke TNBB dengan 2 pilihan alternatif.

Alternatif pertama apabila anda memulai perjalanannya dari lokasi Pelabuhan Gilimanuk, maka anda bisa mengunjungi ke Kantor Balai Taman Nasional Bali Barat yang ada di desa Gilimanuk Kecamatan Melaya di Kabupaten Jembrana.

Alternatif kedua apabila anda memulai perjalanan dimulai dari arah kota Denpasar, disarankan anda memulai perjalanan anda dari Teluk Labuhan Lalang. Nah dari Dermaga Lalang, anda bisa dengan gampang menuju ke pulau Menjangan/pulau kecil lain di sekitar sana.

Wisata TNBB
Wisata Taman Masional Bali Barat – pict by blog.roomme.id

Tiket Masuk Taman Nasional Bali Barat

Harga tiket masuk Taman Nasional Bali Barat sangat terjangkau, untuk wisatawan domestik, anda dikenai biaya sekitar Rp.2.500 rupiah apabila anda wisatawan asing, anda dikenai biaya sekitar Rp.20.000. anda juga bisa menikmati fasilitas akomodasi seperti peralatan selam, sewa perahu, speed boat dll yang ada di sekitar Laut Taman Nasional Bali Barat.

Apabila anda sedang berlokasi dan sedang berlibur bersama keluarga anda di Bali, pastikan pilihan wisata anda ke Taman Wisata Bali Barat!

Wisata lainnya : Pulau Sempu Malang

Leave a Comment