Travel Story by Tirta Wahyu

Pantai Banyu Tibo Pacitan – Pantai yang Ada Air Terjunnya

Photo of author
Lebih suka jalan-jalan daripada nggak jalan :P

Dalam dekapan angin rindu Pantai Banyu Tibo Pacitan… Halah ngomong opo toh!? hahaha.

Hi Sobat, beberapa waktu yang lalu aku bersama kawan-kawan melakukan perjalanan ke Banyu Tibo Pacitan, Jawa Timur. Sebuah perjalanan panjang yang cukup menguras tenaga namun tetap memberi kesan mendalam.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Banyu Tibo

Perjalanan panjang ke Banyu Tibo Pacitan, dari Yogyakarta menuju Pacitan Jawa Timur berjarak sekitar 100km. Dan membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan menggunakan mobil melewat Piyungan – Patuk – Wonosari – Pracimantoro, Wonogiri – kemudian langsung tembus Pacitan.

Pantai Banyu Tibo Jawa Timur
Pantai Banyu Tibo Jawa Timur

Mengapa sih harus jauh-jauh ke Pacitan? Jawabanku karena belum pernah kesana 😛

Tak dipungkiri lagi, karena Pacitan merupakan surga bagi para dolaners yang haus akan suasana alam. Banyak tempat wisatanya, terutama pantai-pantainya berjajar menyuguhkan panorama nuansa alam yang apik.

Banyu Tibo Pacitan
Pantai Banyu Tibo Pacitan

Nah, dari perjalanan panjang tadi akhirnya sudah sampai di Pantai yang terkenal di Pacitan ini sob!

Pemandangan Banyu Tibo Pacitan

Bisa terlihat di foto, pantai ini luar biasa karena tidak seperti kebanyakan pantai lainnya. Pantai di Pacitan ini juga terbilang istimewa karena memiliki Air Terjun yang tidak banyak dimiliki pantai lain. Dari air terjun itulah nama Banyu Tibo diambil untuk nama sebuah pantai ini. Banyu yang berarti air, dan Tibo yang berarti jatuh atau terjun.

Pacitan
Banyu Tibo Pacitan Jawa Timur

Di sisi barat air terjun Banyu Tibo dapat dijumpai daratan luas yang digunakan para pengunjung untuk berfoto. Deburan ombak sesekali menghantam karang dan menghasilkan cipratan air yang mengenai tubuh kami. Kalau saja lama-lama disitu pastilah basah kuyup nantinya 😛

Sahabat Seneng Dolan di Pacitan
Pantai Banyu Tibo Pacitan

Dan di sisi timur hampir sama seperti sisi barat. Namun kamu bisa melihat jelas Air Terjun Banyu Tibo di sisi timur tersebut. Mengalir deras air terjun dari atas tebing menghunjam ke pasir pantai yang ada dibawah.

Kamu bisa bermain dibawah air terjun bilamana kondisi pantai tidak pasang. Kalau pasang jangan harap bisa turun ke bawah, pasir pantai tertutup air laut. Oh iya, sebagai catatan saja, kalau main dibawah dibagian air terjun harap hati-hati ya sob.

Tak hanya itu saja, pada bagian atas air terjun dapat kamu jumpai tulisan “Banyu Tibo” yang begitu besar. Tempat ini banyak dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto ria.

Banyu Tibo Pacitan
Pantai Banyu Tibo Pacitan Jawa Timur

Sahabat Seneng Dolan

Saat traveling aku tidak sendiri sob. Aku kenalkan nih,

dari kiri ke kanan : “gadis” – almira – asna – regi – fajeri – “gadis” – fajar – “gadis” – arman – amir – ivan – andri – arifprass

Rata-rata mereka semua jomblo semua hahahaa. Termasuk si penulis 😛 Tapi ada juga yang membawa pasangan.

Takkan lelah sampai disitu, selanjutnya aku masih akan bercerita tentang perjalananku menjelajahi Pacitan.

So, tunggu ceritaku selanjutnya. Salam dolan 🙂

Wisata lain : Pantai Ngrawah

Leave a Comment