Travel Story by Tirta Wahyu

Pantai Pok Tunggal dan Suasana Bukit Panjung Gunungkidul

Photo of author
Lebih suka jalan-jalan daripada nggak jalan :P

Seakan nggak pernah ada habisnya untuk mengeksplor wisata di daerah Gunungkidul, Yogyakarta tercinta ini. Banyak sekali tempat yang harus didatangi untuk memuaskan hasrat berpetualang saya hahaha… Dan pada kesempatan ini saya akan berbagi cerita tentang perjalanan wisata saya di Pantai Pok Tunggal.

Oh iya… perjalanan ini saya lakukan di tanggal 19 Januari 2019 saat berkunjung ke rumah salah satu rekan kerja. Sudah lumayan lama… dan publish baru-baru ini karena saya baru sempat untuk menulis lagi di blog ini.

Sayang banget kan banyak foto nganggur di harddisk hahaha… Lebih baik saya bagikan pengalaman saya disini… ***maaf nggak maksud sombong…

Waktu itu kami bareng-bareng motoran menempuh perjalanan sekitar 2 jam-an dari kota Jogja. Entah berapa orang saya lupa…

Semua terpampang nyata di foto ini… kecuali yang ambil foto ya… hahaha…

Parkiran Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal masih seperti kebanyakan pantai yang berada di pesisir selatan Gunungkidul lainnya. Ciri khasnya yaitu adalah pantai pasir putih.

Pantai ini tentu juga memiliki ciri khas tersendiri, yaitu adanya pohon Pok yang hanya satu, makanya disebut Pok Tunggal yang artinya pohon pok yang hanya satu saja.

Sayangnya, saat pergi kesana dan menulis cerita perjalanan ini pohon Pok tersebut sudah tidak ada. Konon katanya sudah roboh.

Pantai Pok Tunggal Bikin Betah Piknik

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Gimana nggak betah piknik coba… pantai yang berpasir putih selalu memberi kesan tersendiri bagi saya pribadi. Begitu juga teman-teman pasti merasakan hal yang sama kan?

Ditambah lagi air lautnya bening, dan cocok untuk mandi di laut. Coba aja kalau ke Gunungkidul terus mampir ke pantai ini pasti rasanya pengen nyebur.

Tapi hati-hati ya sob… memang ada bagian pantai yang landai, tidak terlalu dalam…

…tapi ada juga yang dalam, sehingga mengharuskan yang mandi di laut tetap waspada.

Bagi yang tidak bisa berenang jangan pernah coba-coba! Sebaiknya didampingi teman yang bisa berenang untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Sejauh ini yang bisa saya suguhkan hanyalah foto…

Silahkan lihat fotonya untuk sedikit tahu tentang suasana pantai Pok Tunggal 🙂

Pantai Pok Tunggal Jogja
Pantai Pok Tunggal

Bukit Panjung Pok Tunggal

Bukit Panjung Pok Tunggal

Sudah tahu tentang bukit Panjung ini?

Saya sendiri baru tahu loh… ternyata pengelola wisata pantai di Pok Tunggal ini mengerti dan paham betul untuk membuat daya tarik wisata di Pok Tunggal ini.

Dengan adanya Bukit Panjung yang dikelola dengan baik tersebut mampu membuat saya kagum.

Saat masuk dikawasan pantai Pok Tunggal saya sudah melirik bukit ini, tepatnya di sebelah kiri saat kita datang.

Saya penasaran dengan Bukit Panjung ini, malah saya tidak lebih lama di pantainya…

…saya malah naik ke bukit dan berlama-lama disana hmmmm…

Anginnya begitu kencang menerpa kerinduan yang datang menghampiri… halah opo toh!

Eh beneran anginnya kenceng banget waktu itu… Siang tapi sejuk… hal ini yang membuat kulit jadi gosong saat liburan ke pantai.

Biar ngaak terlalu penasaran… lihat galeri dibawah ya…

Galeri Foto Bukit Panjung

Jalan Menuju Bukit Panjung

Tangga naik ke bukit… Alhamdulillah sudah dibikinin tangga ya…

Tapi agak ngeri-ngeri gimana gitu hahahaa…

Pemandangan Menuju Bukit Panjung
Bukit Panjung Pantai Pok Tunggal
Gambar Bukit Panjung
Suasana Diatas Bukit Panjung
Bukit Panjung Pok Tunggal

Sunset Pantai Pok Tunggal

Saya memang belum pernah menikmati sunset di pantai Pok Tunggal ini. Namun saya percaya sunsetnya pasti bagus.

Terlebih jika kamu datang kesana di sore hari kemudian naik ke Bukit Panjung, pasti akan sangat dramatis sekali nuansa alam di bukit tersebut.

Kamu bisa lebih detail untuk menikmati sunset diatas Bukit Panjung.

Daripada penasaran silahkan dicoba yak 🙂

Daya tarik lain pantai ini

Selain pantai dan bukit, dikawasan ini ada beberapa daya tarik lain, yaitu :

  1. Spot foto yang Instagramable, cocok sekali bagi para selebgram berfoto ria disitu.
  2. Bisa snorkling, peralatan bawa sendiri atau bisa juga sewa di tempat.
  3. Camping bagi yang hobi tinggal di alam.

Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Banyak sekali yang tanya tentang harga tiket masuk Pantai Pok Tunggal… tenang tiket masuknya lumayan terjangkau kok sob…

Harga tiket masuk per orang adalah Rp. 10.000,-

Parkir motor = Rp. 3.000,- dan parkir mobil = Rp. 10.000,-

Disclaimer yaa, bahwa itu harga tiket waktu itu Januari 2019, untuk sekarang sepertinya masih relevan.

Mohon maaf bila salah menyebut tarif tiketnya… mungkin sudah naik… misal kalau naik gak akan jauh dari itu kok…

Bagi yang tahu tarif tiket masuk terbaru mohon kabari ya sob…

Lokasi Pantai Pok Tunggal

Alamat pantai ini berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kurang lebih jaraknya sekitar 66 km dari pusat kota Jogja.

Rute menuju Pok Tunggal

Untuk rute kali ini saya buat dari kota Jogja ya sob!

Kamu dari Jogja langsung saja menuju Piyungan – naik ke Gunungkidul menuju ke Patuk dan Sambipitu – melewati hutan Bunder – Gading – Logandeng kemudian Siyono – kamu akan melewati bundaran Tugu BPD – lansung saja ambil arah ke Girisubo melewati kota Wonosari kemudian Tepus yang jaraknya lumayan – sampai di Pok Tunggal.

Kalau kamu dari Bantul, maka rutenya sebagai berikut :

Perjalanan dari Imogiri Bantul naik menuju ke Mangunan – terus ikuti jalan dan petunjuk arah akan sampai ke bundaran Tugu BPD – lansung saja ambil arah ke Girisubo melewati kota Wonosari kemudian Tepus yang jaraknya lumayan – sampai di Pok Tunggal.

Tapi kalau kamu bingung lokasinya… tetap tenang dan stay cool hahaha…

Jangan merepotkan diri mengingat rute ya.. tinggal pakai Google Map semuanya beres! hahaha…

Berikut link map ke Pok Tunggal Beach : https://goo.gl/maps/em7vM386vFPnU3369

Oh iya, ada pantai lain yang tak kalah ciamik loh! Bisa untuk camping juga…

Silahkan baca cerita perjalanan sahabat kita tentang Pantai Ngrawah 🙂

Kesan dan Pesan

Kesan pertama saat menapakan kaki di pantai Pok Tunggal ini adalah jauh… hahaha… Tapi semua itu terbayarkan oleh nuansa pantai yang menyegarkan di tempat ini.

Kalau kamu pergi kesana sebaiknya persiapkan bekal untuk menginap bersama pasangan halal maupun keluarga. Rasanya tidak akan cukup bermain-main di pantai ini kalau hanya 1 hari saja.

Minimal 2 hari laaah… hahaha…

Pesan kami adalah tetap menjaga kebersihan lingkungan ya sob… terutama di tempat-tempat wisata seperti Pantai Pok Tunggal ini, biar semuanya senang… semua nyaman…

Woro-woro!
Bagi yang sudah pernah memberikan komentar di blog ini dan approved, maka selanjutnya komentar akan muncul tanpa moderasi setelah dikirim.
Silahkan berkomentar dan berdiskusi dengan bijak.

Ngobrol yuk sama mereka . . .

  1. Betul mas, kalo mau ke pantai2 di gunkid pun, aku selalunya pake Gmaps aja, ada semua kok 😄. Ga usah susah2 lah.
    .
    Pantai gunkid ini memang buanyaaaaak bgt yaaa. Kayaknya kok ga abis2 🤣. Aku sendiri baru datangin panjang sepanjang, pantai timang, Ama Indrayanti. Yg lainnya belum. So far aku LBH suka timang sih Krn lebih menantang bisa naik gondola ke sebrang 😁. Aku memang LBH suka yg extreme soalnya.

    Reply

Yakin nggak mau komen?