Written by : Banyu

Taman Safari Indonesia – Tempat Wisata Edukatif di Bogor Paling Seru

>> Penawaran Menarik <<

Taman Safari Indonesia adalah salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Bogor. Letaknya di Desa Cibereum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Taman ini dikenal sebagai kawasan yang sangat cocok untuk wisata keluarga.

Kamu bisa berkeliling dengan kendaraan roda empat untuk melihat berbagai macam hewan. Selain itu kamu bisa berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut, seperti memberi makanan atau sekedar menyentuh mereka.

Selain melihat dan berinteraksi dengan hewan dari jarak dekat di Taman Safari, kita juga mengajak kerabat dan keluarga untuk menikmati wahana-wahana yang ada. Beberapa diantaranya adalah water park dan cobow show.

Sejarah Perkembangan Taman Safari Indonesia

Taman Safari Bogor

Sebelum kamu mengunjungi taman ini, ada baiknya kamu menambah wawasan dengan mempelajari sejarahnya. Taman Safari dibangun pada tahun 1980 pada sebuah perkebunan teh yang tidak produktif lagi.

Sekitar 50 hektare lahan digunakan dari bekas kebun teh tadi. Setelahnya, oleh bapak Soesilo Soedarman taman ini ditetapkan sebagai Obyek Wisata Nasional.

Setelah seiring berjalannya waktu dan beragam pembangunan, Taman Safari saat ini memiliki luas area 168 hektare serta langsung dilengkapi dengan beberapa wahana dan sarana edukasi.

Ada sekitar 2500 koleksi satwa dari seluruh penjuru dunia ada di sini. Beberapa diantaranya termasuk ke dalam hewan langka, seperti haraimau benggala, jerapah, singa, orang utan, gajah, anoa, dan komodo.

Wisata lainnya : Taman Impian Jaya Ancol

Taman Safari

Ada beberapa fasilitas yang tujuannya untuk memudahkan wisatawan ketika mengunjungi taman ini. Kita bisa menggunakan bus safari, danau buatan, sepeda air, kano, kolam renang, kereta api mini.

Ada juga sarana-sarana yang menyenangkan seperti taman burung, komedi putar, gajah tunggang, pentas sirkus, area gocart, atraksi hewan, dan atraksi sulap yang semua itu bisa kita nikmati di Taman Safari.

Dengan pengelolaan yang baik serta didukung oleh pihak terkait, Taman Safari mendapat beberapa penghargaan. Ada penghargaan sebagai Lembaga Konservasi Terbaik, pengharagaan Indonesian Green Award, Sapta Pesona Award, Best Indonesia Travel and Tourism Award, dan Satylancana Pembangunan Award.

Akses Menuju Taman Safari di Bogor

Taman Safari Indonesia

Setelah menambah pengetahuan mengenai sejarah dan perkembangan Taman Safari, kita sudah siap untuk bersenang-senang. Jika kamu berkunjung mengendarai mobil pribadi, kamu bisa melewati tol Jagorawi keluar lewat Gadog atau Ciawi menuju Cisarua Puncak Bogor. Setelah sampai di kawasan puncak, kita belok ke arah kanan lalu berjalan lurus sejauh 2 kilometer.

Jika kita berangkat menggunakan transportasi umum dari Jakarta, naik lah ke bus arah Jakarta Bandung yang akan melewati Puncak Bogor, lalu turun di pertigaan dekat taman. Kemudian dari situ kita melanjutkan perjalanan dengan ojek atau angkutan umum sejauh 10 menit.

Alternatif transportasi lain menuju Taman Safari adalah dengan menggunakan kereta api. Dari Jakarta kita naik kereta api menuju Bogor lalu turun di stasiun Bogor. Setelah itu kita mencari angkutan kota nomor 02 lalu turun di Sukasari.

Setelah sampai di Sukasari naik angkutan kota lagi ke Cisarua, turun di pertigaan dekat taman dan melanjutkan perjalanan dengan ojek atau angkutan kota. Jika kita berangkat dari kota lain selain Jakarta, rute yang ditempuh relatif sama, dengan beberapa alternatif seperti kereta api dan bus.

Wisata lainnya : Taman Mini Indonesia Indah

Tree House Taman Safari Bogor

Tiket Masuk Taman Safari

Untuk jam buka Taman Safari, kita bisa melakukan pembelian tiket mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Harga tiketnya beragam sesuai dengan umur. Tiket bagi orang dewasa (lebih dari 6 tahun) harganya Rp 150.000 untuk safari siang dan malam, dan untuk anak-anak Rp 140.000 juga untuk safari siang dan malam.

Jika membawa sepeda motor kita harus membayar Rp 5.000 untuk safari siang saja, mobil Rp 15.000 untuk safari siang dan malam, bus Rp 20.000 hanya untuk safari siang saja.

Fasilitas Lainnya

Tree House

Ada banyak fasilitas yang disediakan, seperti hotel sebagai tempat penginapan, rumah makan, toilet umum, dan area parkir. Jika tidak ingin menginap kita bisa membawa beberapa perlengkapan yang cukup bagi kebutuhan kita dan anak, seperti air mineral dan obat-obatan yang dibutuhkan.

Karena taman ini cukup luas ada baiknya kita tetap mengawasi anak kecil agar tidak hilang. Ada beberapa tips lain ketika mengunjungi taman di Bogor ini, ada baiknya untuk datang lebih awal agar menghindari kemacetan, membawa uang cash yang cukup agar lebih mudah membayar uang tiket masuk Taman Safari.

Leave a Comment