Travel Story by Tirta Wahyu

Pantai Indrayanti Gunungkidul – Wisata Hits Jogja

Photo of author
Lebih suka jalan-jalan daripada nggak jalan :P

Hello Sahabat Seneng Dolan Adventure? Salah satu keindahan wisata pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Pantai Indrayanti. Walaupun sudah ada sejak lama, Pantai Indrayanti tergolong masih baru sebagai objek wisata di Gunung Kidul DIY.

Konon katanya nama Indrayanti adalah nama salah satu pemilik restoran di sana. Karena terdapat papan nama di depan restoran tersebut yang lokasinya di dekat pantai, orang-orang mengira nama pantai itu adalah Indrayanti.

Padahal nama asli pantai tersebut dari pemerintah adalah Pantai Pulang Syawal. Sempat nama Indrayanti sendiri menuai banyak kontroversi dari berbagai kalangan, namun hingga saat ini penyebutan nama Indrayanti-lah yang paling populer.

Hamparan Pasir Putih Pantai Indrayanti

Perjalanan dari Bantul ke Pantai Indrayanti

Beberapa bulan yang lalu, kami para Sahabat mengadakan acara touring bersama pada hari Minggu tanggal 26 Agustus 2012. Acara ini merupakan cikal bakal lahirnya Seneng Dolan Adventure atau SenengDolan.com yang kedepannya akan menjadi wadah cerita jalan-jalan para Sahabat dan media informasi tentang dunia wisata di Indonesia.

Berangkat dari tempat berkumpul jam 9 pagi, menempuh jarak kurang lebih sekitar 70 km dari Bantul Yogyakarta, para Sahabat dengan menggunakan sepeda motor saling berboncengan melewati jalan Imogiri yang begitu hebat menanjak dan menurun membuat jantung berdetak kencang.

Rute Menuju Pantai Pulang Syawal (Indrayanti)

Kami melalui rute Imogiri > Siluk > Panggang > Saptosari > Trowono > Baron. Disinilah sudah dapat kita temui deretan pantai Gunung Kidul. Hampir 2 jam kami melakukan perjalanan jauh ini, sekitar jam 11 siang baru sampai.

Sesampainya di gerbang pintu wisata pantai Wonosari kami beristirahat sejenak sambil menunggu Sahabat yang tertinggal. Hanya dengan membayar biaya retribusi sebesar 2000 rupiah per orang + biaya kendaraan kita sudah dapat menikmati berbagai keindahan alam disepanjang deretan pantai Wonosari Gunung Kidul.

Perjalanan ke Pantai Pulang Syawal

Tak lepas dari tujuan utama yaitu Pantai Indrayanti, para Sahabat meneruskan perjalanan dengan rasa penasaran. Deretan jalan menuju pantai telah kami lalui, kurang lebih 5 km dari pintu masuk wisata kami menemukan penunjuk arah ke Pantai tujuan. Akhirnya sampai juga ke tempat tujuan 🙂

Sahabat Seneng Dolan Adventure 2012

Terpesona dengan Keindahan Pantai Pulang Syawal

Memang tidak perlu diragukan lagi, Pantai Indrayanti begitu mempesona dengan hamparan pasir putih yang luas. Hal ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang menikmatinya. Ada juga yang menyebutnya sebagai Bali-nya Jogja karena hamparan pasir putih yang disuguhkan sangat indah.

Kebersihan pantai nan indah sangat terjaga karena keterlibatan beberapa pihak swasta dalam mengelola pantai tersebut. Di beberapa tempat telah terpasang peringatan dilarang membuang sampah sembarangan, kalau tetap ngeyel membuang sampah sembarangan maka terkena denda sebesar Rp. 10.000,-. Hal ini patut kita apresiasi untuk menjaga kebersihan pantai selatan kita.

Beberapa fasilitas telah disediakan pengelola untuk kenyamanan para pengunjung. Diantaranya ialah cafe atau restoran yang berada di dekat pantai, dan ada juga penginapan bagi para pengunjung dari luar daerah. Tidak hanya itu, ada juga jet sky yang disewakan untuk para pengunjung Pantai Indrayanti, namun kami tidak tahu berapa tarifnya.

Sahabat Seneng Dolan 2012

Hati-Hati Saat Bermain di Pantai

Anda harus hati-hati jika bermain air di Pantai Indrayanti. Mengapa? Karena saat air surut banyak bulu babi yang bersembunyi di balik karang tepi pantai. Jika kita menginjaknya akan seperti tersengat, perih dan panas.

Maka demi keselamatan alangkah baiknya jika para Sahabat yang ingin berlibur ke pantai Pulang Syawal ini memakai sandal saat berada di tepi pantai.

Pantai Indrayanti Ramai Pengunjung

Bukit Kecil di Pesisir Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti tidak hanya dapat dinikmati dari bawah saja. Terdapat dua bukit yang mengapit pantai ini di sebelah kiri dan kanan. Saat itu rombongan Sahabat menaiki bukit sebelah kiri menghadap pantai.

Di atas, pemandangan pantai dengan nama asli Pantai Pulang Syawal ini tidak kalah eksotik. Kita dapat melihat luas pantai dan samudra lepas, bahkan deretan pantai selatan pun ikut terlihat dari atas bukit tersebut.

Pengalaman yang tak terlupakan bersama para Sahabat Seneng Dolan Adventure di Pantai Indrayanti. Hal yang paling berkesan ialah keindahan pasir putih yang khas di pesisir Pantai Inrayanti tersebut, apa lagi ditemani oleh para Sahabat tercinta.

Pesan kami, tetap berhati-hati dalam melakukan perjalanan jauh, persiapkan jaket dan bekal, juga sediakan sarana P3K untuk berjaga-jaga demi keselamatan Anda 🙂

Baca juga cerita perjalanan ke Pantai Gesing

Leave a Comment