Written by : Banyu

Kepulauan Seribu – Banyak Destinasi Favorit Yang Wajib Dikunjungi

>> Penawaran Menarik <<

Kepulauan Seribu merupakan kabupaten administrasi yang berada di DKI Jakarta, wilayah tersebut meliputi gugusan kepulauan yang terletak di Teluk Jakarta. Di kabupaten administrasi tersebut terbagi menjadi dua kecamatan yakni kecamatan kepulauan seribu utara dan selatan.

Memiliki jumlah penduduk sekitar kurang lebih 20 ribu jiwa yang tersebar di 11 pulau kecil berpenghuni.

Pembagian Zona di Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Kepulauan Seribu – pict by asiatoday.com

Jumlah pulau sekitar kurang lebih 342 pulau tersebut kemudian oleh pemerintah dibagi menjadi 3 zona yakni :

  1. Zona Pertama : Eksploitasi Sumber Daya Alam (SDA)
  2. Zona Kedua : Pulau untuk Taman Nasional
  3. Zona Ketiga : Kawasan Cagar Alam

Banyaknya pilihan pulau dengan keindahannya masing-masing membuat beberapa wisatawan bingung memilih untuk menghabiskan waktu liburannya di pulau mana.

Destinasi Wisata Yang Ada di Kepulauan Seribu

Pulau Tidung Kepulauan Seribu
Pulau Tidung – pict by aktourtravel.com

Berikut akan kami berikan pilihan pulau di kepulauan seribu yang menjadi favorit dan banyak dikunjungi oleh wisatawan, diantaranya :

1. Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan karena pesona keindahan laut biru yang sangat menawan.

Pulau Tidung dibagi menjadi dua bagian yakni pulau tidung besar dan pulau tidung kecil, yang keduanya dihubungkan oleh jembatan yang sering disebut jembatan cinta.

2. Pulau Bira

Pulau Bira menyajikan keindahan suasana bawah laut yang dapat Anda nikmati dengan snorkeling maupun diving, pulau ini juga memiliki dermaga yang dapat Anda jadikan tempat duduk untuk menikmati keindahan air laut.

3. Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun memiliki hamparan pasir putih yang indah dengan keindahan alam bawah laut yang dapat Anda nikmati dengan diving maupun snorkeling.

Merupakan pulau tak berpenghuni sehingga cocok untuk menghabiskan waktu dengan berkemping. Salah satu pulau indah yang harus dikunjungi di kepulauan seribu.

4. Pulau Harapan

Pulau Harapan menjadi pulau yang dipastikan sesuai dengan harapan Anda untuk menghabiskan waktu liburan. Di pulau ini memiliki keindahan laut serta terumbu karangnya, Anda akan betah untuk berlama-lama di pulau harapan.

5. Pulau Bidadari Kepulauan Seribu

Pulau Bidadari menjadi salah satu pulau dengan catatan sejarah di dalamnya karena keberadaan peninggalan sejarah berupa benteng pertahanan yang masih berdiri kokoh.

Selain itu di area pulau bidadari juga tumbuh dengan subur hutan mangrove yang menjadi nilai lebih pulau tersebut.

6. Pulau Ayer

Pulau Ayer dijuluki sebagai Mutiara yang berada di Kepulauan Seribu, terletak tidak jauh dari Marina Ancol yakni hanya sekitar 14 km.

Pulau ini memiliki cottage indah yang berada di atas lautan, sehingga Anda dapat menginap di pulau tersebut untuk menghabiskan waktu liburan Anda.

7. Pulau Sepa

Pulau Sepa juga memiliki pemandangan laut yang indah, Anda dapat melakukan kegiatan snorkeling dan diving di pulau sepa ini. Selain itu sudah terdapat beberapa tempat penginapan yang bisa Anda gunakan untuk menghabiskan waktu liburan Anda.

8. Pulau Pantara

Pulau Pantara menjadi salah satu pulau indah yang berjarak paling jauh dibandingkan pulau lain di area kepulauan seribu. Namun jarak jauh tersebut akan terbayar dengan keindahan yang dapat Anda nikmati. Memiliki banyak pilihan resort yang dapat Anda boking untuk menghabiskan waktu makan malam Anda.

Walaupun memiliki jarak yang cukup jauh namun fasilitas di pulau pantara terbilang sangat lengkap karena terdapat beberapa pilihan restaurant, cottage, watersport, bar, kolam, dive shop hingga lapangan tenis.

9. Pulau Putri

Pulau Putri merupakan salah satu pulau di kepulauan seribu yang juga tidak kalah menarik. Anda dapat menikmati keindahan dasar laut di pulau ini serta sudah ada beberapa cottage yang dapat Anda gunakan untuk menginap di pulau putri.

Selain itu pemandangan sunset atau matahari tenggelam di pulau ini sangatlah cantik dan sering disebut dengan ”sunset cruise”.

10. Pulau Kotok Kepulauan Seribu

Pulau Kotok merupakan tempat menyelam yang sangat menarik di deretan pulau seribu, karena vegetasi yang berada di pulau ini masih asli, selain itu Anda akan merasakan panorama indah di bawah laut yang tidak dapat Anda tolak.

Pulau ini masih terjaga keasriannya karena di pulau ini tidak menyediakan wahana sejenis jetski, bananan boat dan semacamnya. Dari pulau kotok ini Anda dapat melihat keindahan pemandangan laut di area Kepulauan Seribu yang akan membuat Anda betah tinggal dan tidak ingin pulang.

Demikian beberapa pulau yang wajib untuk Anda kunjungi jika memilih kepulauan seribu sebagai lokasi menghabiskan waktu liburan Anda.

Semoga bermanfaat 🙂

Baca juga : Wisata di Jakarta yang Instagramable

Leave a Comment