Travel Story by Tirta Wahyu

Taman Sungai Mudal Girimulyo Kulon Progo – Tempat Hits Jogja

Photo of author
Lebih suka jalan-jalan daripada nggak jalan :P

Sudah pernah dolan ke Taman Sungai Mudal sob? Bagi sobat dolan yang belum pernah kesana pastinya akan rugi karena tidak bisa menikmati ketenangan dan kesejukan alam. Sempatkan datang ke Sungai Mudal untuk sekedar melepas penat dari hiruk pikuk kesibukan.

Saya sendiri sudah menyempatkan untuk mbolang ke taman Mudal ini pada tahun 2016 lalu bersama sobat dolan. Jadi harap maklum yak bila fotonya kurang update, kapan-kapan bila ada kesempatan untuk mampir akan saya update fotonya 🙂

Sedikit informasi bahwa Sungai Mudal mata airnya berasal dari sebuah goa. Airnya sangat jernih jika tidak sedang musim hujan, bisa untuk mandi dan rasanya menyegarkan.

Sangat cocok buat liburan bersama keluarga sob!

Sejarah Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal Kulon Progo Yogyakarta
Taman Sungai Mudal Kulon Progo Yogyakarta

Awalnya Taman Sungai Mudal ini bermula saat warga akan bergotong-royong untuk membersihkan kawasan sungai sekitar tahun 2011 lalu. Secara airnya sangat jernih dan dipakai untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari oleh masyarakat setempat.

Melihat potensi wisata yang menjanjikan, para warga sepakat untuk menjadikannya tempat wisata yang bisa untuk rekreasi keluarga. Dibuatlah kolam sedang yang bisa menampung air untuk berenang.

Selain itu juga ditambahkan fasilitas pendukung lainnya seperti : jembatan yang terbuat dari bambu, wahana flying fox, camping ground dan beberapa fasilitas lainnya.

Oh iya, sudah tau belum kenapa disebut Sungai Mudal?

Mudal berarti melimpah ruah, mata air di sungai ini sangat berlimpah tidak pernah surut, dan airnya pun sangat jernih bisa dikonsumsi masyarakat sekitar.

Wisata sungai di Jogja lainnya : Kali Oyo Imogiri

Tempat Asik di Taman Sungai Mudal Kulon Progo

Kamu harus mengagendakan untuk datang ke Taman Sungai Mudal di daerah Kulon Progo ini karena tempatnya yang asik untuk bersantai. Udaranya sejuk, bahkan bisa sampai dingin karena berada di pegunungan.

Kawasan ini termasuk ke dalam lajur pegunungan Menoreh yang sangat elok pemandangannya terlihat saat perjalanan dari Jogja menuju Girimulyo.

Menikmati nuansa segar ditepian sungai dengan gemericik air mengalir tentunya sangat menenangkan, bisa untuk terapi saat stress melanda.

Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Taman Sungai Mudal Kulon Progo
Wisata Sungai Mudal
Wisata Sungai Mudal

Sungai ini sangat unik, tidak hanya ada satu kolam saja, sistemnya berundak dari bawah ke atas. Jadi dibawah ada kolam, diatas jg ada kolam, saya lupa berapa kolamnya, yang jelas semuanya bisa untuk pemandian.

Bila datang dari bawah, kamu bisa eksplorasi semua tempatnya dengan menyusuri jalan setapak. Dan disediakan juga jembatan dari bambu untuk menyeberang saat menuju ke atas.

Oh iya hampir lupa…

…jika kamu datang ke sungai ini setidaknya kamu sudah prepare, menyiapkan pakaian ganti.

Walaupun nggak niat untuk mandi disana, kamu bakal tergoda untuk nyebur. Percaya deh!

Mudal

Hal Menarik di Taman Sungai Mudal

Kalau ngomongin hal menarik tentunya semua tempat wisata memiliki ciri khas masing-masing. Bisa jadi antara tempat wisata yang ini sedikit berbeda dengan tempat lain.

Nah, Apa saja yang menjadi daya tarik sungai Mudal ini? Berikut ini saya rangkum beberapa hal menarik di sungai Mudal :

1. Air Terjun

Sungai Mudal Kulon Progo

Nikmati gemericik air terjun di kawasan sungai ini. Seperti yang tadi saya sebutkan diatas bawah sungai ini berundak dari bawah keatas.

Silahkan jelajahi setiap sudutnya jika kamu berkunjung, dan temukan kejutan-kejutan tempat yang apik untuk berfoto ria.

2. Kolam Jernih

Sungai Mudal

Sungai Mudal identik dengan airnya yang jernih, hal ini karena sebagian besar kawasan tersebut merupakan bebatuan kapur pegunungan yang membuatnya menjadi bening.

Jika dilihat, saat airnya jernih bakal menjadi kehijau-hijauan. Para penggemar foto pasti akan dibuat takjub dengan pemandangan ini.

Terlebih lagi para selebgram sering membuat iri dengan menampilkan foto-foto dengan latar belakang kolam berwarna hijau tosca.

3. Taman Bermain

Taman Sungai Mudal

Di bagian atas tempat ini terdapat tempat untuk bermain anak-anak, ada pula tempat untuk bersantai keluarga. Sangat disayangkan jika kamu tidak menyempatkan singgah di kawasan sungai ini.

4. Wahana Wisata

Mudal Kulon Progo

Tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang apik, kawasan Taman Sungai Mudal ini juga memiliki beberapa wahana wisata seperti flying fox dan camping ground.

Silahkan untuk mencobanya bersama keluarga ataupun teman-teman kamu.

Penampakan dibawah ini sebagai gambaran seperti apa pemandangan di sungai Mudal tersebut. Ini masih bagian bawah ya, bagian atas yang ada wahana wisatanya tadi.

Sungai Mudal Jogja
Sungai Mudal Jogja

Wisata sungai lainnya : Jembatan Sesek Mangir

Fasilitas di Ekowisata Taman Mudal

Bukan tempat wisata namanya kalau tidak menyediakan fasilitas pendukung lainnya. Wisata Sungai Mudal ini memiliki fasilitas sebagai berikut :

  1. Gazebo
    Di taman ini menyediakan gazebo untuk beristirahat sekaligus menikmati suasana kawasan sungai.
  2. Ragam wahana
    Terdapat beberapa wahana seperti flying fox, camping ground, dan kolam pemandian.
  3. Peralatan berenang
    Pengelola menyediakan peralatan renang berupa pelampung.
  4. Tempat jajan
    Ada warung untuk jajan makanan khas Kulon Progo maupun jajanan kecil lainnya.
  5. Mushola
    Tempat ibadah yang wajib ada ditempat wisata.
  6. Area parkir
    Tidak usah kawatir untuk hal ini, lahan parkir cukup luas kok.
  7. Toilet
    Seperti tempat wisata yang lain, kawasan Mudal ini juga menyediakan toilet.

Lokasi Taman Sungai Mudal

Lokasi Sungai Mudal sebenarnya tidak jauh dari kota Jogja, jaraknya kurang lebih sekitar 30km saja. Cukup ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam dengan pemandangan yang wow saat diperjalanan.

Untuk alamat lengkapnya berada di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimmulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kode POS 55674.

Rute dan Akses Menuju Sungai Mudal

Akses menuju Sungai Mudal sangatlah mudah untuk dilalui kendaraan bermotor maupun kendaraan roda empat seperti mobil. Jalannya sudah diaspal halus, walapun masih ada beberapa jalan yang sedikit bergeronjal.

Rute menuju ke Sungai Mudal tidaklah rumit, bila kamu start dari Jogja : dari Perempatan Tugu Jogja – gass langsung menuju ke arah barat – sampai perempatan Demak Ijo di ring road barat – masih ke barat melewati Jalan Godean lurus saja – ikuti penunjuk jalan sampai melewati Jembatan Sungai Progo…

…kemudian ambil arah jalan menuju Goa Kiskendo – sampai di pertigaan Goa Kiskendo masih lurus terus – kalau sudah sampai pertigaan hutan pinus langsung belok kiri ke arah Kokap – setelah itu kamu hanya tinggal mengikuti papan penunjuk jalan ke Taman Sungai Mudal.

Jam Operasional Taman Sungai Mudal

Mustahil tempat wisata tidak ada jam operasionalnya, rata-rata semua memiliki waktu operasional jam buka maupun jam tutup.

Di taman Mudal ini juga menerapkan hal yang sama jam operasionalnya, yaitu :

  • Buka mulai pukul 08.00 pagi sampai dengan jam 16.00 (atau jam 4 sore).
  • Dan buka setiap hari satu Minggu full dari Senin – Minggu.

Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal

Harga tiket masuk ke Taman Sunga Mudal ternyata cukup terjangkau, yaitu Rp. 10.000,- per orang. Dan ada biaya tambahan jika kamu ingin menjajal wahana flying fox maupun menyewa peralatan untuk berenang.

Tiket flying fox sebesar Rp. 15.000,- per orang dan sewa pelampung sekitar Rp. 5.000,- per orang.

Untuk biaya parkir masih tergolong wajar kok dengan tarif Rp. 2.000,- untuk kendaraan bermotor roda dua, dan Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda empat.

Harga tiket dan tarif lainnya diatas dapat berubah sewaktu-waktu. Mohon informasinya yak jika ada yg tahu nanti ada update tarifnya.

Kesimpulan dan Penutup

Jika kamu bertanya kepada saya tentant tempat wisata yang bagus di Kulon Progo? Maka bakal saya jawab di kawasan pegunungan Menoreh, salah satunya adalah Taman Wisata Sungai Mudal yang telah dibahas dalam artikel ini.

Tidak perlu ragu untuk berangkat liburan kesana karena aksesnya yang mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi. Namun pastikan kendaraan yang kamu pakai dalam kondisi baik karena jalan kesana lumayan banyak tanjakan.

Demikian sedikit review dari saya, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Comment